TIMES

Selasa, 13 Agustus 2013

Situs Gunung Padang Cianjur

     Situs ini adalah sebuah situs prasejarah yang diperkirakan merupakan peninggalan megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan dusun gunung padang dan panggulan, desa karyamukti,
kecamatan cempaka kabupaten cianjur. Lokasi ini dapat di capai 20 km dari persimpangan kota kecamatan warung kondang, di jalan antara kabupaten cianjur dan sukabumi. Luas kompleks bangunan kurang lebih 900 m2, terletak di ketinggian 885 m dpl dan terbentang dengan area situs sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

     Penumuan pertama pada situs ini adalah ketika ada laporan pertama mengenai keberadaan situs ini yang dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst( ROD, “Buletin Dinas Kepurbakalaan”) tahun 1914. Sejarawan belanda juga menyinggungnya yaitu N.J. krom pada tahun 1949. Setelah sempat terlupakan penduduk setempat pada tahun 1979, melaporkan kepada Edi, penilik kebudayaan kecamatan cempak, mengenai keberadaan tumpukan batu persegi besar dengan berbagai ukuran yang tersusun dalam satu tempat berundak yang mengarag ke gunung gede.
Fungsi situs gunung padang diperkirakan adalah tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim di sana sekitar tahun 2000 sebelum masehi. Hasil penelitian Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir menunjukan kemungkinan adanya perlibatan musik dari beberapa batu yang ada disana.

    Hasil mengejutkan dan konsisten dikeluarkan oleh laboratorium Beta Analytic Miami, Florida. Dimana umur lapisan dari kedalaman sekitar 14500-23000 SM/atau lebih tua. Ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan BATAN untuk meneliti situs tersebut. Dari hal tersebut kita tahu bahwa situs ini adalah situs megalitikum tertua bahkan lebih tua dari piramida yang ada di mesir yang ada sejak 2500 SM.
     Masih banyak hal menakjubkan lainnya yang tersimpan di situs Gunung Padang yang menggambarkan pembuatan situs ini menggunakan system atau teknologi yang moderen yang dibuat oleh orang-orang terdahulu dan kita patut untuk berbangga bahwa sejarah Indonesia pada jaman dahulu sangat menakjubkan untuk dilihat kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar