TIMES

Selasa, 13 Agustus 2013

Keutamaan Lailatul Qadar



Lailatul Qadar adalah malam yang penuh barakah atau lailatul mubarakah (malam yang mempunyai keistimewaan yang luar biasa). Allah berfirman dalam QS: Al Qadr, 97:3,yang artinya:
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan= delapan puluh tiga tahun empat bulan)”
Pada malam itu, atas iradah Allah para Malaikat turun berbondong-bondong ke bumi untuk mengintip atau menyaksikan amaliah umat manusia. Pahala bagi orang yang beribadah pada malam lailatul Qadr lebih utama dari ibadah seribu malam.


Kapan malam lailatul Qadar turun ? tak seorang pun yang mengetahui secara pasti. Akan tetapi Rasulullah memberi petunjuk bahwa Lailatul Qadar akan muncul pada malam ganjil sepuluh hari sebelum bulan ramadhan berakhir.

      Adapun beberapa amalan yang sangat baik pada malam Lailatul Qadar diantaranya : Shalat, berdzikir, beristigfar, shalawat, membaca ayat suci Al Qur’an, berdo’a baik untuk dirinya maupun untuk orang lain, bersedekah dan menjauhkan diri dari segala maksiat.

Ayat-ayat yang baik dibaca pada malam Lailatul Qadar, diantaranya : ayat kursy, ayat terakhir surat Al Baqarah, surat Al Zalzalah, surat Al kafirun, surat Al ikhlas dan Yasin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar