TIMES

Jumat, 25 Oktober 2013

cara mudah untuk mendapatkan promosi

Ilustrasi: Reuters.
Berikut tujuh langkah mendapatkan promosi

1. Tunjukkan etos kerja yang kuatKetahuilah apa yang dibutuhkan orang lain dari Anda, kemudian penuhi semua itu dengan baik dan tepat waktu. Jika Anda tidak yakin, tanya atasan Anda dan mereka yang mengandalkan Anda. Kuasai job desk pada jabatan Anda sehingga Anda menjadi referensi orang lain. Perkaya pengetahuan Anda dengan rajin membaca.


2. Temukan mentorMentor adalah orang yang dapat Anda ajak bicara secara terbuka dan jujur tentang isu-isu pekerjaan, baik formal maupun informal. Seorang mentor harus lebih berpengalaman daripada Anda. Mentor yang baik dapat menunjukkan sisi buruk Anda, menawarkan saran, menghargai kesuksesan dan mengarahkan karier Anda. Selain si Bos, pikirkan siapa yang bisa meluangkan waktu untuk membantu Anda berkembang. Seorang mentor juga dapat memberi tekanan positif untuk meningkatkan kemampuan dan bakat Anda.

3. Utarakan PendapatBicaralah kepada atasan Anda tentang cita-cita karier Anda di perusahaan tempat Anda bekerja sekarang. Ini adalah karier Anda, dan Anda punya kendali mengelolanya.

Promosikan prestasi Anda sesuai kenyataan, bukan dengan cara membangga-banggakan diri. Aktiflah juga rapat, jam makan siang atau ketika berpapasan dengan rekan kerja dan atasan. Sampaikan sesuatu yang bermakna dan relevan pada setiap percakapan, dan pastikan Anda "dilihat dan didengar."

4. Tetap terlihat  Tunjukkan inisiatif dengan menjadi sukarelawan pada berbagai proyek, baik di departemen Anda, proyek temporer, maupun pada tim yang terdiri dari berbagai divisi. Berbagai pekerjaan tersebut akan memberikan Anda kesempatan meraih lebih banyak pengalaman, menunjukkan kemampuan Anda kepada grup yang lebih besar, memperluas jejaring Anda dan membuat nama Anda dikenal.

Ingatlah, manajer yang baik selalu melihat bakat-bakat terpendam. Pergerakan ke samping Anda bisa saja menjadi tiket Anda dalam meraih promosi kerja.

5. Hindari gosip dan politik kantor Anda harus menunjukkan integritas dan kepercayaan. Terlibat dalam gosip kantor adalah salah satu cara menjatuhkan karier Anda.

Sementara itu, penting bagi Anda untuk memahami politik kantor, terutama aturan-aturan tersembunyi. Tetapi Anda harus pastikan tidak terjebak dalam politik kantor.

6. Tampil profesionalBayangkan di mana Anda ingin karier Anda berada dalam beberapa tahun ke depan. Kemudian, mulailah menjalaninya. Berpakaianlah sesuai dengan posisi yang Anda inginkan, bukan yang saat ini Anda jalani.

Dalam percakapan lisan maupun tulisan, pastikan Anda profesional, jelas dan tegas. Selain itu, pertimbangkan untuk tidak selalu pulang tepat waktu. Jika Anda selalu pulang pukul lima sore tepat, maka kebiasaan ini tidak menunjukkan komitmen yang kuat pada posisi yang sedang Anda jalani.

7. Jalani posisi Anda Semua butuh proses. Menjalankan tips ini bukan berarti Anda akan langsung mendapat promosi di akhir pekan. Lakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan bekal kemampuan dasar, kesempatan mengembangkan jaringan dan meraih kepercayaan diri. Bersabarlah, karena itulah yang dilakukan para pemimpin.
sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar