Berikut tujuh langkah mendapatkan promosi
1. Tunjukkan etos kerja yang kuatKetahuilah apa
yang dibutuhkan orang lain dari Anda, kemudian penuhi semua itu dengan
baik dan tepat waktu. Jika Anda tidak yakin, tanya atasan Anda dan
mereka yang mengandalkan Anda. Kuasai job desk pada jabatan Anda
sehingga Anda menjadi referensi orang lain. Perkaya pengetahuan Anda
dengan rajin membaca.
2. Temukan mentorMentor
adalah orang yang dapat Anda ajak bicara secara terbuka dan jujur
tentang isu-isu pekerjaan, baik formal maupun informal. Seorang mentor
harus lebih berpengalaman daripada Anda. Mentor yang baik dapat
menunjukkan sisi buruk Anda, menawarkan saran, menghargai kesuksesan dan
mengarahkan karier Anda. Selain si Bos, pikirkan siapa yang bisa
meluangkan waktu untuk membantu Anda berkembang. Seorang mentor juga
dapat memberi tekanan positif untuk meningkatkan kemampuan dan bakat
Anda.
3. Utarakan PendapatBicaralah kepada
atasan Anda tentang cita-cita karier Anda di perusahaan tempat Anda
bekerja sekarang. Ini adalah karier Anda, dan Anda punya kendali
mengelolanya.
Promosikan prestasi Anda sesuai kenyataan, bukan
dengan cara membangga-banggakan diri. Aktiflah juga rapat, jam makan
siang atau ketika berpapasan dengan rekan kerja dan atasan. Sampaikan
sesuatu yang bermakna dan relevan pada setiap percakapan, dan pastikan
Anda "dilihat dan didengar."
4. Tetap terlihat Tunjukkan
inisiatif dengan menjadi sukarelawan pada berbagai proyek, baik di
departemen Anda, proyek temporer, maupun pada tim yang terdiri dari
berbagai divisi. Berbagai pekerjaan tersebut akan memberikan Anda
kesempatan meraih lebih banyak pengalaman, menunjukkan kemampuan Anda
kepada grup yang lebih besar, memperluas jejaring Anda dan membuat nama
Anda dikenal.
Ingatlah, manajer yang baik selalu melihat
bakat-bakat terpendam. Pergerakan ke samping Anda bisa saja menjadi
tiket Anda dalam meraih promosi kerja.
5. Hindari gosip dan politik kantor Anda harus menunjukkan integritas dan kepercayaan. Terlibat dalam gosip kantor adalah salah satu cara menjatuhkan karier Anda.
Sementara
itu, penting bagi Anda untuk memahami politik kantor, terutama
aturan-aturan tersembunyi. Tetapi Anda harus pastikan tidak terjebak
dalam politik kantor.
6. Tampil profesionalBayangkan
di mana Anda ingin karier Anda berada dalam beberapa tahun ke depan.
Kemudian, mulailah menjalaninya. Berpakaianlah sesuai dengan posisi yang
Anda inginkan, bukan yang saat ini Anda jalani.
Dalam
percakapan lisan maupun tulisan, pastikan Anda profesional, jelas dan
tegas. Selain itu, pertimbangkan untuk tidak selalu pulang tepat waktu.
Jika Anda selalu pulang pukul lima sore tepat, maka kebiasaan ini tidak
menunjukkan komitmen yang kuat pada posisi yang sedang Anda jalani.
7. Jalani posisi Anda Semua
butuh proses. Menjalankan tips ini bukan berarti Anda akan langsung
mendapat promosi di akhir pekan. Lakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin.
Dengan begitu, Anda akan mendapatkan bekal kemampuan dasar, kesempatan
mengembangkan jaringan dan meraih kepercayaan diri. Bersabarlah, karena
itulah yang dilakukan para pemimpin.
sumber: okezone.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar